Di tulisan ini, saya akan menulis cara – cara berbisnis minimarket Indomaret

1. Membeli saham Indomaret di BEI… hehehe

2. Menyewakan property ke Indomaret
Ini adalah cara yang paling murah dan mudah utk berbisnis dengan Indomaret. Apalagi bila sudah memiliki tanah yang cocok untuk lokasi Indomaret. Lokasi yang ideal adalah Ruko (2 ruko minimal, kecuali kondisi tertentu, spt di kawasan padat, boleh 1 ruko), tanah / rumah tua dengan luas sekitar 150 – 300 meter persegi, lebar minimal 8 meter, di lokasi yang padat penduduk / keramaian. Indomaret akan menyewa lokasi tersebut, minimal 5 tahun. Bisa juga ruko, lantai 1 untuk Indomaret, lantai 2 dan di atasnya untuk disewakan / dipakai sendiri. Untuk mix use seperti ini, wajib ada tangga / jalan sendiri menuju lantai 2. Tidak boleh lewat dalam toko. Daerah2 yang bisa disewakan ke Indomaret, harus berdekatan dengan cabang / Distribution Center (DC) Indomaret (max 5 jam lah naik mobil, jangan usul lokasi yang 5 jam naik pesawat). Seluruh jawa sudah tercover, sumatera tinggal 3 provinsi yang belum bisa (kalau saya tidak salah ya). Kalimantan, sebagian bisa. Sulawesi sebagian. Bali bisa (tapi ijin susah, hehehe), NTB sebagian, NTT belum, Papua dan Maluku belum. Lebih detailnya tanya Indomaret pusat, ada websitenya. Saya belum punya pengalaman untuk yang tipe ini.

3. Franchise – Buka Toko Baru (New Store / NS)
Ini adalah pilihan favorit saya, mencari lokasi yang cocok untuk dibuka Indomaret yang masih baru. Prosedurnya adalah tanah yang kita usulkan, kita kirim data2nya ke Indomaret (lihat PIC Indomaret terdekat dari kota Anda di website Indomaret). Bayar 3.6juta utk jaminan keseriusan (bila lokasi ditolak, uang kembali, kl jadi bangun, bisa sebagai pengurang biaya pembangunan). Tim Lokasi Indomaret akan mensurvey dan memberikan Feasibility Study (analisa kalayakan), apakah lokasi tersebut layak untuk toko Indomaret atau tidak. Mendapat lokasi yang layak tidak mudah, saya pernah mengajukan 20 lokasi, 20 – 20nya ditolak… hehehe, gpp, lebih baik ditolak di depan kan, daripada dapat toko jelek dan rugi di kemudian hari kan? Bila layak, dan kita setuju dengan nilai FS tersebut, maka kita bisa membangun toko tersebut, atau meminta Indomaret untuk membangun. Mereka akan mengirim kontraktor rekanan Indomaret untuk membangun. Saya sih biasa menyerahkan proses pembangunan ke kontraktor rekanan Indomaret (ga repot). Perijinan bisa diurus sendiri, atau dibantu urus oleh Indomaret. Perekrutan karyawan dan kepala toko oleh Indomaret. Kita boleh merekomendasikan karyawan / kepala toko, asal sesuai kriteria. Barang dagangan diberikan dengan sistem kredit lunak oleh Indomaret. Enak kan… operasional sebagian besar ditangani oleh tim operasional Indomaret, kita hanya perlu memantau secara finansial dan operasional. Laba Rugi, Neraca, GL, mutasi rekening toko, akan dikirim ke kita setiap tgl 15 bulan berikutnya. pembayaran uang profit toko, setiap 3 bulan, kecuali pembayaran pertama 6 bulan setelah toko buka. Perjanjian franchise untuk 5 tahun.

4. Franchise – Take Over
Indomaret juga mempunyai program pemilikan toko franchise dengan sistem Take Over (TO). Jadi toko2 milik Indomaret pusat, dijual ke franchisee / publik. Toko2 ini pasti sudah berumur minimal 1 tahun, bisa 3 tahun, ada yang 5 tahun, ada juga ya 6 thn, dst. Jadi pilihan ini relatif lebih aman secara bisnis, karena sudah jalan. Harga toko adalah 43 kali profit bulanan rata2. Tanah kebanyakan sewa, minimal selama 5 tahun. Biasanya lebih, mungkin 6 – 10 tahun. Biaya take over yang 43 x profit tadi, sudah termasuk sewa tanah 5 tahun, peralatan, goodwill, dll. Jangka waktu franchise 60 bulan. Kita harus mendirikan cv atau pt ke notaris, untuk memulai. Proposal toko yang bisa di take over oleh investor / calon franchisee, bisa diminta ke PIC Indomaret terdekat (lihat website Indomaret). Biasanya antri alias waiting list. Sistem Take Over ini, cocok untuk pemula, karena resikonya kecil, dibanding buka toko baru yang masih gambling, apalagi untuk pemula yang belum pengalaman. Tapi ada juga, teman saya yang sudah punya puluhan toko, masih pakai sistem take over ini, karena tingkat keamanan bisnisnya.

Kriteria toko yang bagus utk di take over, macam2, bisa dari usia toko, kondisi toko saat ini, jumlah goodwill, nilai sewa property, atau dari sisi omzet.

Sebaiknya teman2 yang mau TO, mencari toko2 yang omzetnya sudah di atas 4.8M / tahun, kecuali sudah punya toko Indomaret sebelumnya (jadi bisa digabung omzetnya, sehingga di atas 4.8M). Pertimbangan ini, karena ada peraturan perpajakan PPh final 1% omzet untuk perusahaan yang omzetnya di bawah 4.8M per tahun. Pajak 1% omzet ini sangat besar bagi bisnis retail seperti Indomaret, karena profit rata2 toko sehat 4 – 8 % dari omzet. Jadi 1% / 4% kan 25% Profit (tarif PPh biasanya max 25%, biasanya ga sampe 25%, karena ada diskon pajak 50% dari tarif utk omzet 4.8M pertama). Kalau toko sepi, profit hanya 2% dari omzet, pajak 1% omzet itu sama dengan tarif pajak 1% / 2% yaitu 50% dari penghasilan lo. Apalagi kalau toko rugi, tetap harus membayar 1%. Jadi bukan PPh (Pajak Penghasilan) lagi, tapi PKg (Pajak Kerugian), sudah rugi masih harus bayar pajak penghasilan.

Kalau dari sisi usia, saya pilih toko muda, omzet masih menanjak terus. Daripada toko tua yang sdh stagnan.

Kondisi toko saat ini sebaiknya dilihat, saya pernah dapat tawaran toko, saya pikir jelek. Ternyata itu toko bagus. Toko itu jelek karena di depan toko sedang ada perbaikan jalan dan berbulan – bulan tidak selesai. Padahal begitu dibeli teman saya, perbaikan jalan selesai, dan toko menjadi sangat bagus.

Apakah ada toko yang rugi? Bisnis selalu ada peluang rugi. Kalau tidak ada peluang rugi, itu namanya bukan bisnis, tapi deposito (kecuali bank-nya bangkrut dan pas tidak dijamin pemerintah… tetap rugi juga ya…) kalau toko TO rugi sih… biasanya bisa didiskusikan dengan Indomaret, dan mencari solusi yang bisa diterima kedua belah pihak.
Biasanya teman2 yang penuh curigation, akan selalu nanya ke saya, kalau untung kenapa tokonya dijual oleh Indomaret…. jawabannya karena toko untung ada komponen goodwill juga waktu dijual. Jadi Indomaret tetap untung dari goodwill saat menjual toko tersebut, plus dapat royalti dari setiap penjualan toko, setelah toko di take over franchisee.
Pembayaran profit toko setiap 3 bulan, mulai dari toko diambil alih oleh Franchisee.

5. Ikut teman. Sistem ini di luar sistem standar Indomaret. Kalau tidak mau pusing, ga mau repot, ya invest ikut teman saja yang sudah lama franchise Indomaret. Setahu saya ada 2 sistem partnership yang pernah saya temui. Guaranteed income (12% per tahun), dan Floating (sesuai jumlah modal Anda terhadap total modal toko dikurangi management fee untuk pengelola investasi). Guaranteed income lebih pasti incomenya, kalau floating kalau pas untung gede, ya lebih untung daripada guaranteed income, kalau pas jelek, ya lebih jelek daripada fix….. masing2 ada kelebihan dan kekurangan, tergantung selera dan strategi investasi teman2. Bila memakai sistem ini, pastikan mempunyai partner yang bisa dipercaya.

6. Membuat buku atau seminar tentang Indomaret… hehehe

7. Memberi informasi ke saya, lokasi – lokasi yang cocok untuk Indomaret dan sedang dijual, atau ada tanah yang dipakai toko Indomaret tapi dijual. Syarat lokasi: luas minimal 200m2, lebar minimal 10m2 (semakin lebar semakin bagus), daerah mana saja ok, di luar jakarta juga ok, asal ijin pembukaan minimarket modern masih bisa (bisa cek ke saya dulu), padat penduduk atau di pusat keramaian, tidak ada minimarket merah atau biru dalam jarak 500m2, jarak ke pasar tradisional minimal 500m (jgn terlalu dekat), hanya dijual (bukan disewakan), surat2 lengkap Tersedia hadiah dan komisi yang lumayan untuk tim informan… hehehe… ditunggu info-nya

Ini hanya tulisan pribadi, berdasar pengalaman selama saya menjadi franchisee Indomaret sejak 2009. Untuk lebih resmi dan detailnya sebaiknya menghubungi Indomaret tim Franchise / Waralaba. Bisa cek di website, ada nama2nya lengkap dengan nomor telpon mereka.

Silakan dilengkapi untuk teman – teman yang sudah menjadi Franchisee Indomaret. Mungkin ada yang tertinggal atau ada yang salah dengan tulisan saya. Silakan di-share bila dinilai berguna untuk teman – teman Anda.

Selamat berinvestasi.