Tanpa disadari, saya membeli tanah untuk toko indomaret pada 2013, ternyata surat tanahnya SHM, tapi ada keterangan HPL Perumnas… gleksss

Saya menyadari baru 2016 ini, setelah diinfo oleh appraisal. problemnya adalah, saat akan menjaminkan ke bank selanjutnya (sedang proses pindah ke bank lain), bank tsb minta surat rekomendasi dari Perumnas sebagai ex-pemilik tanah tsb (HPL-nya).

Saya coba google pengurusan surat rekomendasi ini, kok tidak nemu. Kebanyakan hanya membahas surat rekomendasi peningkatan status dari HPL ke SHM. jadi perlu extra effort. Coba telpon ke nomor Perumnas yang ada di Google, tidak ada yg angkat. Terpaksa cari cara lain.

Kebetulan tanah tsb di depok, dan saat ini sudah menjadi toko indomaret. Awalnya tidak mau pusing, minta notaris bank yg mengurus. Ternyata notaris bank juga belum pernah mengurus surat rekomendasi tsb utk Perumnas Depok, Ybs biasanya mengurus utk Perumnas Cengkareng, karena wilayah kerjanya jakarta barat. Dia meminta saya mengurus sendiri ke perumnas depok. Duh…..

Coba2 tanya notaris depok kenalan. Ternyata belum terbiasa mengurus surat rekomendasi ini juga.

Kemudian saya minta bantuan teman baik saya, yang juga notaris. dibantu dicarikan infonya. Ternyata karena HPL Perumnas Depok, harus diurus ke Kantor Perumnas Klender.

Pengurusan cukup mudah, cukup membawa fotokopi surat roya dan fotokopi surat keterangan lunas dari bank pertama (karena posisi skrg sedang saya jaminkan ke Bank juga dan akan saya pindahkan ke bank lain), dan bla bla bla (fotokopi sertifikat, fotokopi KTP, fotokopi PBB, dll yang mestinya mudah utk dilengkapi).
Petugas juga ramah. Waktu pengurusan max 7 hari. Tapi kl PIC yang tanda tangan di tempat, bisa lebih cepat.

Sempat ngobrol2 dgn petugasnya. Kenapa SHM kok masih ada tulisan HPL-nya. Setahu saya HPL biasanya HGB. Dijelaskan bahwa SHM – HPL karena tanahnya ex Perumnas… glekss… terus apa beda SHM – HPL dgn HGB – HPL. Dijawab petugas tsb, HGB – HPL ada jangka waktu, kalau SHM – HPL tidak… ooooo
Diharapkan senin besok pagi, bisa ditandatangan pejabat ybs. Dan senin sore mudah2an bisa diambil.

Seneng juga, bisa belajar sesuatu yg baru. Mudah2an bermanfaat utk teman2.

Untuk mengikuti tulisan2 saya ttg Property & Investasi (Passive Income Property) Silakan like FB Page saya di PIPO (https://www.facebook.com/pipohargiyanto/)
Terima kasih